Download Lagu Full Album :

Earn money from your website/blog by, selling text links, banner ads - Advertisers can, buy links, from your blog for SEO. Get paid through PayPal Adsense Indonesia

Cara Memperlakukan Laptop ( Seharusnya )

       Laptop atau netbook sekarang bukanlah barang yang asing lagi bagi kita, banyak orang yang sudah memakai laptop atau orang disekeliling kita yang menggunakannya. Alasan mereka membeli pun berbeda, karena untuk keperluan pekerjaan atau sekolah atau sekedar ingin punya untuk belajar dan sekedar beli untuk gengsi. Diantara mereka yang memiliki laptop banyak yang tidak tahu cara menggunakan apalagi merawatnya. Wong Arief sering menerima keluhan dari pengguna laptop dan sebagian dari mereka tidak memperlakukan laptop sebagaimana mestinya. Lalu bagaimana sih memperlakukan laptop yang semestinya itu ?? Ini cara memperlakukan Laptop yang seharusnya versi Wong Arief :

01.Gunakan pelindung ( sreen guard ) LCD.
Alasan : untuk menghindari goresan atau lecet-lecet  pada LCD. Misalnya tergores kuku atau pencil / pulpen, atau benda tajam lainnya sebab kadang kita secara tidak sadar sering menunjuk-nunjuk ke LCD .

02. Kalau bisa jangan meletakkan benda apapun  diantara LCD dan keyboard.
Alasan : Dapat menimbulkan goresan yang dalam pada LCD atau rusaknya keyboard jika secara tidak sengaja menekannya bahkan bisa juga berakibat fatal seperti patahnya LCD.

03. Bersihkan LCD  dari debu.
Alasan : Debu yang menempel di LCD dapat masuk di sela-sela keyboard  pada saat  laptop ditutup.
Solusi : Jangan menggunakan sembarang cairan pembersih untuk mengelapnya. Dianjurkan untuk menggunakan cairan pembersih kaca, tapi ingat jangan menyemprotkan cairan langsung ke LCD agar tidak ada cairan yang menetes kedalam atau menimbulkan belang pada layar..  Semprotkan pada cairan pembersih pada kain halus atau katun terlebih dulu baru kemudian poleskan pada LCD secara perlahan dan jangan terlalu menekan LCD.  Dan usahakan membersihkannya dalam keadaan tidak dinyalakan.

04. Hindarikan LCD terkena sinar matahari langsung.
Alasan : Dapat mengurangi  kualitas LCD, selain itu juga bisa membuat suhu laptop cepat meninggi.

05. Jauhkan LCD dari benda-benda yang mengandung magnet.
Alasan : Karena dapat mengurangi kualitas LCD bahkan merusak LCD.

06. Gunakan pelindung keyboard.
Alasan : Agar  debu atau kotoran atau cairan yang jatuh kearah keyboard tidak langsung masuk disela-sela keyboard, misalnya abu rokok, rontokan dari makanan yang tidak sengaja jatuh, debu yang beterbangan,  dan kotoran kecil lainnya.
Solusi : bersihkan keyboard dengan kuas kecil atau dengan vacum cleaner portable, untuk membersihkan permukaan tombol keyboard caranya sama dengan membersihkan LCD  yaitu dengan kain halus atau katun.

07. Hindari mengoperasikan laptop sambil makan  atau minum
Alasan : Agar makanan jatuh ke laptop ataupun minuman yang menetes ke laptop.

08. Operasikan laptop dengan tangan keadaan bersih.
Alasan : Agar touchpad keyboard selalu terjaga kebersihannya.

09. Jangan meletakan laptop dalam keadaan menyala di tempat yang lunak seperti kasur, sofa dll.
Alasan : Permukaan yang lunak akan menghalangi lubang sirkulasi ( keluar masuknya ) udara yang ada di bagian bawah ( lubang masuknya udara ) dan samping ( lubang keluarnya udara) laptop. Selain menghalangi, permukaan lunak ( contohnya kasur ) yang mengandung debu bisa tersedot oleh kipas prosesor. Debu yang tersedot akan menempel pada kipas sehingga kipas prosesor berputar kurang maksimal  yang mengakibatkan laptop cepat panas dan bisa menyebabkan blue screen.
Solusi : Berikan tatakan yang permukaannya rata dan bersih jika mengoperasikan laptop di kasur atau sofa, seperti buku, papan dll.

10. Jangan terlalu lama memangku laptop.
Alasan : Seperti point no. 9 karena memangku laptop dikategorikan meletakkan laptop di permukaan yang lunak. Menaruh laptop di pangkuan paha kita bisa menutup lubang sirkulasi udara yang ada di bawah laptop.
Solusi : Seperti point no. 9

11. Pastikan kaki laptop dalam keadaan baik atau terpasang dengan baik.
Alasan : Hal ini kelihatan sepele dan jarang orang perhatikan tapi bisa berakibat fatal. Kaki laptop di desain agar body bagian bawah laptop tidak menempel pada permukaan dimana kita letakkan laptop. Pada merk tertentu kaki terbuat karet yang bisa dilepas. Jangan sekali-kali melepas semua kaki laptop.
Solusi : Jika hilang kaki laptop segera buat gantinya atau duplikatnya, misalnya dari yang mudah bentuk mirip kaki laptop adalah sandal bekas atau dari penghapus yang penting bisa untuk menyangga laptop.

12. Jangan memasukkan laptop ke dalam tas / sarung laptop dalam keadaan menyala / hidup.
Alasan  : Suhu laptop akan cepat panas karena laptop yang hidup tidak mendapat udara yang cukup didalam tas/sarung laptop dan jika itu sering dilakukan akan membuat komponen laptop akan melemah.

13. Setelah pemakaian tunggu 10-15 menit sebelum memasukkan ke dalam tas / sarung laptop.
Alasan : Agar suhu laptop berkurang panasnya sebelum ditempatkan di dalam tas / sarung laptop yang udaranya kurang cukup untuk mendinginkan laptop.

14. Kalau bisa jangan menggunakan laptop terlalu lama non stop tanpa istirahat.
Alasan : Laptop adalah barang yang sensitif dan kemampuannya terbatas tidak seperti komputer. Beberapa komponen laptop tidak  sensitif dengan getaran / benturan, panas dan juga arus listrik.
Solusi : Setelah pemakaian 3 ~ 5 jam usahakan istirahatkan ½ ~ 1 jam selain untuk pengecasan juga untuk mendinginkan komponen laptop serta mengistirahatkan mata dari efek terlalu lama menatap layar laptop.

15. Gunakan tas / sarung pelindung jika akan dibawa keluar rumah.
Alasan : Laptop adalah barang elektronik sensitif, pilih tas yang benar-benar bisa untuk pelindung laptop, harga lebih mahal sedikit tidak masalah dari pada nanti keluar uang lebih banyak untuk komponen yang rusak.

16. Lepaskan battery jika laptop tidak anda pakai dalam waktu yang lama.
Alasan : Maski laptop yang lama tidak terpakai laptop akan tetap menyedot battery sehingga battery lama-lama akan habis / kosong. Jika lama dibiarkan battery dalam keadaan kosong maka battery akan cepat rusak / drop.
Solusi : Lepas battery dari laptop jika tidak dipergunakan dalam waktu yang lama. Usahakan sisa battery kurang lebih 40% sebelum anda berniat melepas battery dan menyimpannya dalam waktu yang lama, tidak usah diisi hingga penuh 100%. Karena dari hasil penelitian battery yang diisi 40 % dan 100% isinya lebih stabil yang 40% sedangkan yang diisi 100% akan banyak berkurang isinya. Simpan battery di tempat kering dan terjaga kelembabannya agar terhindar dari jamur, bila pelu letakkan silicon gel didekat battery untuk menghindari jamur pada battery. 

17. Kalau bisa jangan mengecas sambil mengoperasikan laptop.
Alasan : Untuk menjaga keawetan battery laptop, karena tidak semua battery laptop ada ada auto control atau cut off yang berfungsi memutuskan arus ketika battery penuh. Hanya laptop-laptop model terbaru yang ada  auto control atau cut off
Solusi : Kenali battery laptop anda apakah sudah terdapat auto control atau cut off atau tidak. Kemudian gunakan software-sofware penghemat battery ( BatteryCare, Battery Check ) agar bisa menggunakan laptop lebih lama.


      Itu dulu yang Wong Arief bisa share lain kali kita akan bahas permasalahan yang lain tentang laptop. Semoga coretan kali ini bermanfaat buat yang punya laptop ataupun yang akan membeli laptop, kalau ada yang kurang kali aja diantara kalian ada yang lebih tahu, boleh menambahkan di kotak komentar untuk melengkapi coretan diatas. Sekedar tambahan bahwa kekuatan laptop tidak sama kekuatan komputer jadi pergunakan laptop seperlunya saja, kalau bisa jangan terlalu dipaksakan untuk kinerja yang berat. Tapi semua itu pilihan ada ditangan anda, karena itu laptop anda yang punya. 






Sumber : personal experiences and articles from the internet

3 Comments
Tweets
Komentar

3 komentar:

fery.crank mengatakan...

sip, keren bro'' Lanjutkan, Smoga sukses
minta request lagunya DJ Kiem ya Bro :p

WONG ARIEF mengatakan...

@fery.crank : Wokey thanks bro..... Request lagunya lnsgng sedot aja rumah2 musik, karaoke, cafe, n diskotik terdekat hahahaa..... Trims kunjungannya....

Unknown mengatakan...

Notebook asus ku ketumpahan mnyak angin. Warna bagian luarnya berubah warna jadi putih. Itu ga ada cara ngatasinnya?

Posting Komentar

JANGAN LUPA TIMGGALKAN JEJAKMU DENGAN MEMBERI KOMENTAR DI BLOG INI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...