Download Lagu Full Album :

Earn money from your website/blog by, selling text links, banner ads - Advertisers can, buy links, from your blog for SEO. Get paid through PayPal Adsense Indonesia

Cara Agar Orangtua Dicintai dan Disayangi Anaknya

       Jika kamu nanti sebagai orangtua atau sekarang sudah menjadi orangtua tentu sangat ingin dicintai dan mencintai anaknya. Disaat kamu sedang merasa jauh dengan anak dan biar anak merasa dekat lagi dengan orangtua tidak ada salahnya kamu coba mengamalkan tips berikut yang dikutip dari buku “ Alphabet Cinta : 28 Cara Agar Orangtua Dicintai Anaknya ” ini mungkin bisa membantu kamu dalam mendidik anak atau memperbaiki hubungan anak dan orangtua yang kurang harmonis. Berikut tips yang harus anda amalkan dalam keluarga kamu :

1. Addib = Didiklah!
Didiklah putra-putri Anda dan asuhlah mereka dengan baik. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Rabbku telah mendidikku dan membaguskan pendidikanku.” (HR. Bukhari)

2. Bayyin = Jelaskan!
Ungkapkan pendapat Anda mengenai anak-anak. Sebab, mereka senang mendengar penilaian Anda terhadap diri mereka dan seberapa besar keridhaan Anda pada mereka. Mulai dari aktivitas, prestasi belajar, dan juga tugas rumah.

3. Ta’assaf  = Tunjukkan Penyesalan!
Tunjukkan penyesalan dan segeralah minta maaf manakala Anda terlanjur melakukan sesuatu yang dapat menyakiti hati putra-putri Anda.

 4. Tsaqqif  = Luaskan Wawasan!
Luaskan wawasan anak-anak Anda dan kenyangkan mereka dengan pengetahuan. Wawasan adalah jalan kesuksesan dan peluang besar untuk menguasai pelbagai ilmu.

5. Jâhid = Berjihadlah!
Bersama anak-anak Anda, berjihadlah di jalan Allah setiap hari melalui mujahadah nafs, sabar menjalankan ketaatan, serta sabar meninggalkan kemaksiatan dan menerima cobaan dalam urusan sehari-hari.

6. Habbib = Cintakanlah!
Cintakanlah anak-anak Anda pada perbuatan baik dan bakti. Ini tidak mungkin terwujud melalui ucapan dan janji-janji semata, tapi juga memerlukan sikap-sikap konkret sedari dini agar mereka tumbuh di atas kebaikan-kebaikan itu.

7. Khâlil = Sayangilah!
Sayangilah anak-anak Anda. Jadilah teman mereka dalam belajar, kawan dalam perjalanan, sahabat dalam memahami, mengetahui rahasia-rahasia mereka, serta orangtua yang tulus menasihati dan mengarahkan mereka.

8. Dâfi‘ = Pertahankan dan Bela!
Pertahankan dan bela anak-anak Anda. Jangan biarkan mereka menjadi mangsa empuk kebathilan.

9. Dzâkir = Ingatkan!
Ingatkan anak Anda akan kebaikan. Selalulah motivasi mereka agar memelihara perilaku baik. Hal ini pasti bisa memperdalam cinta anak kepada Anda lantaran telah memantau dan bergadang demi kenyamanan mereka serta memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka.

10. Râghib = Rindukan!
Rindukan putra-putri Anda pada surga, bahkan pada surga firdaus yang tertinggi, dan peringatkan mereka dari neraka.

11. Zayyin: Perindahlah!
Perindahlah ucapan, kata-kata, kalimat-kalimat, dan semua yang keluar dari mulut Anda pada anak-anak Anda. Ucapan yang baik adalah shadaqah dan berpengaruh besar untuk kejiwaan anak serta kecintaan mereka kepada Anda.

12. Sallim = Ucapkanlah Salam!
Ucapkan salam pada anak-anak tiap kali bertemu dan berpisah dengan mereka. Tak perlu sungkan, sebagai orangtua, Anda harus memberi contoh bagaimana cara bertemu dan berpisah yang baik dan juga berkesan.

13. Syârik = Sertailah!
Sertailah putra-putri Anda dalam tugas-tugas mereka. Dampingilah mereka dengan penuh kehangatan, agar mereka merasa orangtua yang mereka miliki betul-betul berperan dalam setiap aktivitas mereka.

14. Shil = Jalinlah!
Jalinlah silaturahmi, dan ajari juga anak-anak Anda. Sebab silaturahmi merupakan salah satu unsur dasar ajaran agama dalam berinteraksi antar sesama. Rasulullah sendiri telah berwasiat untuk menjalin silaturahmi, mengunjungi kerabat dan membantu memenuhi kebutuhan mereka.

15. Dhârib = Berbisnislah!
Berbisnislah dengan yang halal dan ajari juga anak-anak Anda berbisnis. Karena Islam menghasung kita agar bersikap mandiri dalam mencari rezeki, tidak meminta-minta, tidak pasrah atau bergantung pada orang lain dalam kebutuhan hidup.

16. Thabbib = Obatilah!
Obati putra-putri Anda dan jangan menelantarkan mereka dengan alasan malas atau sibuk, atau malah berburuk sangka pada mereka. Bahkan sebaliknya, berinisiatiflah menempuh pelbagai cara untuk memproteksi mereka dari sakit, komplikasi-komplikasinya dan bermacam dampak buruknya.

17. Zhallil = Naungilah!
Naungi anak-anak Anda dengan cinta, kasih sayang dan juga perhatian. Caranya adalah dengan memenuhi kebutuhan-kebutuhan primer mereka. Bilamana anak-anak merasa nyaman karena tersedianya tempat tinggal yang layak, kamar tidur memadai, dapur bersih, kamar mandi tertutup, pakaian yang bisa melindungi dan menutup aurat, tersedianya ruangan besar untuk pertemuan, mengobrol dan bertemu setiap hari untuk menikmati makanan atau lainnya, maka hal itu sangat membantu menebarkan cinta dan kasih sayang kepada mereka.

18. ‘Allim = Ajarilah!
Ajarkan ilmu syar‘i dan ilmu umum pada anak-anak Anda demi meraih kebaikan dunia dan juga akhirat.

19. Ghayyir = Ubahlah!
Ubahlah gaya kepribadian Anda yang bisa membuat malu anak-anak. tinggalkan hal-hal yang negatif, munculkan hal-hal yang positif.

20. Farriq = Bedakan!
Bedakan antara generasi Anda dan generasi mereka. Bedakan antara persepsi Anda dan persepsi mereka. Bedakan lingkungan Anda dan lingkungan mereka, orientasi Anda dan orientasi mereka, dan antara prioritas Anda dan juga prioritas mereka.

21.Qabbil = Ciumlah!
Ciumlah putra-putri Anda setiap hari. Demikian juga, ijinkan mereka mencium Anda dengan hangat. Karena hal itu akan berpengaruh pada keintiman hati mereka dengan hati Anda.

22. Karrim = Muliakanlah!
Muliakanlah putra-putri Anda. Jangan menghina, mengejek, dan meremehkan mereka, serta jangan mengalamatkan ketololan, keonaran, boros dan juga nakal pada mereka.

23. Lâmis = Belailah!
Belailah anak-anak Anda, rasakan kedekatan hati Anda dengan hati mereka. Karena belaian juga salah satu pembuktian kecintaan Anda kepada mereka. Jadi, jangan pernah sungkan untuk senantiasa membelai mereka dengan penuh kehangatan.

24. Mâzih = Candailah!
Candai dan bermainlah bersama anak-anak. Rasukkanlah kebahagiaan pada diri mereka. Bermain merupakan kebutuhan naluriah manusia, terlebih anak-anak kecil itu tumbuh dan merasakan suka cinta melalui permainan. Ini adalah salah satu dari pintu-pintu cinta, untuk itu ketuk dan berdayakan!

25. Nâqisy: Koreksilah!
Koreksilah setiap aktivitas yang dilakukan anak-anak, kemudian ajaklah berdiskusi, dan juga berdialog dari hati ke hati.

26. Haddi’ = Tenangkanlah!
Jika anak-anak mendapatkan masalah, maka tenangkanlah mereka. Dan besarkanlah hati mereka.

27. Waddi‘ = Ucapkan Selamat Jalan!
 Jika mereka pergi ke sekolah, atau bepergian tamasya, maka lepaslah mereka dengan ucapan selamat tinggal, agar mereka merasa Anda begitu mengharap akan keselamatan mereka di jalan dan mengharapkan kembalinya mereka ke rumah dengan segera, karena begitu sayangnya Anda kepada mereka.

28. Yassir! = Permudahlah!
Permudahlah setiap aktivitas positif mereka. Jangan pernah membuat mereka merasakan kesulitan-kesulitan yang tidak seharusnya dalam kehidupan mereka.

       Dalam keluarga ada masalah itu biasa tapi gimana kita bisa menyikapi dan menyelesaikan masalah itu dengan bijaksana itu yang penting. Semoga tips diatas bisa menjadikan keluarga anda bahagia. Selamat mencoba......
0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Poskan Komentar

JANGAN LUPA TIMGGALKAN JEJAKMU DENGAN MEMBERI KOMENTAR DI BLOG INI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...